PERNYATAAN TERBUKA

PERNYATAAN TERBUKA

mengenai praktek – praktek anti demokrasi di UPN V Yogyakarta : Proses PEMILIHAN UMUM Mahasiswa (PEMILWA)

Sebagai seorang mahasiswa UPN V Yk, bahkan sebagai calon Presiden Mahasiswa UPN V Yk yang dicalonkan dari SUPER STAR (Suara Perempuan untuk Kesetaraan), saya, Mutiara Ika Pratiwi (151050192) merasa perlu untuk membuat sebuah pernyataan terbuka mengenai proses pemilihan umum di UPN. Hal ini karena badan yang bertanggung jawab mengenai proses berjalannya PEMILU (KPU) tidak mau memberikan sosialisasi terbuka mengenai pengunduran jadwal serta penghapusan pelaksanaan pemilihan calon Presiden Mahasiswa di FISIP. Dengan menyatakan bahwa adanya sosialisasi terbuka mengenai pengunduran jadwal bukan tanggung jawab mereka, akan memicu timbulnya perpecahan dan tekanan dari berbagai pihak (padahal perpecahan tidak dihindari dengan menutup – nutupi sebuah pemasalahan). Alasan yang kedua, adalah karena saya mempunyai tanggung jawab untuk memberikan pendidikan politik[1] melalui pernyataan terbuka ini baik kepada kawan2 yang mendukung program2 saya atapun tidak.

Tanggal 22 Mei 08 (jadwal awal PEMILWA) saya diberitahu bahwa jadwal pemilwa diundur oleh KPU dengan 3 landasan. Pertama, permasalahan teknis. Kedua permasalahan logistic. Dan ketiga adalah persoalan pemboikotan yang dilakukan oleh 4 HMJ (HI, Komunikasi, AB dan Teknik Kimia). Dan KPU pun tidak memberikan alasan yang jelas, mengapa hal ini terjadi.

Setelah saya meminta keterangan dari Sekjend HMJ HI, pemboikotan yang dilakukan dikarenakan beberapa hal. Pertama karena program – program yang saya usung dalam pencalonan presiden mahasiswa tidak mewakili permasalahan masyarakat HI pada khususnya. Pemboikotan (hanya pemilihan presma tp tidak gubernur BEM FISIP) ini dilakukan sebagai bentuk aksi terhadap kinerja dari Bem Universitas dan KPU yang tidak baik dan belum menyelesaikan persoalan – persoalan di KM sebelumnya. Ketiga, adalah rasa solidaritas yang tinggi terhadap jurusan yang saat ini masih keluar dari KMUPN (Tambang dan Geologi). Dan sampai saat ini belum ada ruang – ruang pendiskusian yang dibuka oleh beberapa HMJ yang lain mengenai persoalan pemboikotan ini.

Pemboikotan pemilihan Presma yang serentak dilakukan oleh 3 HMJ di FISIP ini menyebabkan adanya penggagalan (hanya) pemilihan Presma di FISIP. Dan sampai saat ini saya belum mendapatkan keterangan dari KPU mengenai proses di Teknik Kimia.

Sejak dari awal pencalonan saya sebagai presiden mahasiswa, misi[2] (referendum, pendidikan politik dll) yang saya usung merupakan sebuah “jembatan” untuk menuju pemerintahan mahasiswa yang bersih dan demokratis. Dalam isian politik saya sepakat dengan pernyataan kawan HI yang menganggap bahwa ada persoalan sistem yang harus diperbaiki dalam BEM Universitas, bahwa ini adalah pekerjaan yang tidak beres dalam BEM Universitas dan KPU. Akan tetapi ketika pemboikotan dengan semangat perubahan dan solidaritas yang tinggi, dilakukan tidak melalui mekanisme yang demokratis (hanya oleh pimpinan2 organisasi), maka bukanlah solusi yang tercapai, tapi PEMBUNUHAN HAK – HAK POLITIK MAHASISWA!

Yang perlu dipahami, ini bukan hanya persoalan pemboikotan, dan ini bukan hanya persoalan FISIP. Ini adalah persoalan bagaimana tidak berjalannya proses demokratisasi di UPN. Bagaimana kawan2 yang sekarang berada di luar KM tidak mempunyai solusi dan konsep atas permasalahan demokrasi yang ada di UPN (tidak mampu menjadi pelopor dalam perubahan). Ini adalah persoalan bagaimana mahasiswa di setiap HMJ maupun fakultas yang ada di UPN hanya dijadikan alat mobilisasi pemilu (suara) saja, tanpa diwadahi aspirasinya (perwakilan) bahkan tanpa tahu bagaimana proses pemilihan calon2 pemimpin nya (yang ironis nya ketika calon ini tunggal, mau tidak mau dia akan menjadi pimpinan organisasi tanpa mahasiswa faham dengan program2 nya). Ini adalah persoalan ketidakprofesionalan (kultur budaya) dalam kerja dan pengambilan keputusan (senioritas, memilih berdasarkan teman, kedekatan emosional, tidak melihat pada program, pembatasan informasi terhadap mahasiswa).

Melihat situasi dan kondisi di atas, saya meyerukan kepada seluruh pimpinan organisasi UPN untuk :

ØMembuka ruang – ruang demokrasi bagi seluruh mahasiswa untuk mengikis praktek – praktek anti demokrasi dan kultur budaya yang tidak demokratis (sistem demokrasi perwakilan) di UPN V Yk.

Saya membuka ruang bagi kawan – kawan yang ingin berdiskusi, menanggapi pernyataan terbuka saya ini. Kawan – kawan dapat mengakses www.panggilakuika.wordpress.com. (230508)

S A L A MP E R J U A N G A N !


[1] Salah satu dari sekian misi saya dalam pencalonan presiden mahasiswa.

[2] Gambaran mengenai situasi kampus, Visi serta Misi saya dapat kawan2 lihat dalam www.panggilakuika.wordpress.com

3 pemikiran pada “PERNYATAAN TERBUKA

  1. aq salut ada orang seperti kamu di upn..
    terus terang aku salutttt….
    aq cm mau kasih masukan aja…hati 2 dengan politik tai babi di upn..kita dah merasakan betapa busuknya demokrasi..dan semuanya baik birokrat atau tai babi macam apa..udah kita lawan dg berbagai cara yang suci..dan bersih..
    tapi politik tai babi masih ada saja di upn…..
    sampai kapan pun selama tai babi- tai babi itu masih di upn”’mungkin sulit untuk mencapai demokrasi yang sehat di upn….
    mungkin km blm mengenal kita2 para pejuang2 yang ingin
    upn berubah..
    aq dan teman2ku satu perjuangan kita dulu dah membaca selebaran yang km buat….upn sudah bobrok semuanya…perlu perjuangan neng bwat perbaiki smua….
    skrang mungkin belum ada penerus yang meneruskan perjuangan kami…
    selamat berjuang…….

  2. berdasarkan Pemilihan suara Presma kemarin (bersama dengan segala kekurangannya) kawan Rudi yang terpilih sebagai Presma. aku lupa untuk data detailnya. namun beberapa hari lagi mungkin akan ada sosialisasi dari super star (tim sukses)mengenai hal ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s